Jam dinding menunjukkan pukul 14.20, namun kak Aysh belum sampai di rumah. Selagi bertanya-tanya dalam hati, tiba-tiba HP berbunyi, budhe yang biasa membantu menjemput kak Aysh pulang sekolah, telp memberi kabar kalau kak Aysh mengerjakan pekerjaan kelompok di rumah kawannya yang bernama Ussy & minta dijemput jam 16.30. (Ussy adalah murid baru di sekolah kak Aysh, pindahan dari Kalimantan & sekarang jadi sahabatnya kak Aysh).

Pukul 16.30 tepat saya sampai di rumah Ussy, kak Aysh keluar rumah dengan senyum lebar. Terlihat pancaran kebahagiaan dari raut wajahnya. Dalam perjalanan, saya bertanya padanya "Wah.. kakak terlihat sangat gembira. Ada petualangan apa tadi?".

Kak Aysh penuh semangat bercerita sambil tertawa lebar sesekali. "Uangku dipakai untuk beli coklat bun, tadi masak-masak, bikin pisang dikasih lelehan coklat. Trus aku dapat ini (sambil menunjukkan sebuah kartu anime kucing, dari kaca spion bisa saya lihat matanya sangat berbinar). Ternyata Ussy pinter nggambar lho bun, dia bikin group yang isinya gambar-gambar anime gitu. Aku join groupnya juga, bisa ikutan belajar nggambar. Gapapa kan bun?".

"Gapapa, alhamdulillah kakak menemukan teman yang se-passion, bisa saling berbagi ilmu kak nantinya. Kelihatannya seru sekali ya tadi? Kapan-kapan gantian ajakin Ussy yang main ke rumah ya..", jawab saya.

Penuh semangat kak Aysh langsung menyahut "Oke bun!".

Dari percakapan tersebut, saya bisa menangkap banyak hal, diantaranya kak Aysh suka anime & kawan barunya ternyata juga penggemar anime. Sesampainya di rumah, saya cek WA kak Aysh, ternyata kak Aysh juga ikutan group anime Indonesia. Tentu anggota groupnya campuran berbagai usia. Mak deg, ada khawatir yang saya rasakan. Dengan hati-hati, saya mulai observasi "Kakak ikutan group anime Indonesia, ada hal seru apa aja? Mau berbagi sama bunda?".

Kak Aysh menjawab "Ya paling suka lihat gambar-gambarnya, trus aku nanti nyoba nggambar sendiri, ga nyontoh".

Fiuh.. Lega.. "Hmmm.. bagus berarti. Kakak memanfaatkan teknologi untuk belajar. Sip! Bunda boleh sedikit berpesan?".

Kak Aysh "pesan apa?".

Bunda "Kalau seandainya ada anggota group yang chat kakak, minta kenalan atau lainnya kasih tahu bunda atau ayah ya.. terlebih yang kakak belum pernah kenal. Kan kita harus hati-hati ya.. Berteman boleh, tapi dalam era internet ini, waspada itu perlu".

Kak Aysh "iya, aku juga selalu nanya dulu kok ke ayah atau bunda".

Alhamdulillah.. :-)

#hari2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
#institutibuprofesional