Seharian kemarin kegiatan saya & suami adalah bersih-bersih rumah, sesekali sembari meladeni Arsya yang juga meminta jatah perhatian. Kak Aysha bermain dengan teman-temannya di kompleks, sesekali saya perhatikan ada adegan manjat pohon & lari-larian.

Penat rasa badan membuat saya tak lagi punya cukup energi untuk menyiapkan makan malam. Selepas 'isya, kami sekeluarga makan di luar. Kak Aysha nampak lelah & bad mood, bahasa kerennya sedang dalam mode "senggol bacok". Pada saat memesan makanan & minuman, saya bertanya "kakak mau makan apa?", ia melihat menu yang tersedia, menunjuk nasi goreng sapi lanjut membanting lembar menunya. Fiuhhh.. sabar.. lanjut percakapan:
Bunda: "mau dipesankan minum apa kak?.
Kak Aysha: "minum air lah!!! Minum ya air!".
Hmmmmm.. tarik napas panjang, menjawab dengan tetap tersenyum
Bunda: "Oke, cerdas sekali.Minum memang air. Dek Arsya mau es teh, bunda teh panas, ayah jahe panas. Kak Aysha mau minum air apa?".
Kak Aysha: kembali melirik lembar menu "es Milo", jawabnya.

Selesai pesan-pesan, kak Aysha duduk dipinggir gubug menghadap sawah sambil melihat sekeliling. Saya berusaha membuka obrolan,
Bunda: "Bunda lihat kakak lelah sekali. Tadi bunda perhatikan kakak main lari-larian, terlihat asik sekali. Main gobak sodor kah kak?".
Kak Aysha mulai mendekat, merebahkan tubuhnya & menjadikan kaki saya sebagai bantal, saya elus-elus kepalanya, beberapa saat kemudian dia bercerita,
Kak Aysha: "Tadi itu main lempar-lempar bola bun, bolanya bikin sendiri lho dari kertas. Trus abis itu manjat pohon kelengkengnya Aldin. Sebelumnya juga manjat pohon mangganya om Fahru".
Bunda: Kreatif sekali, membuat bola dari kertas. Sip. Main di pohon kelengkeng, sudah ijin om & tantenya belum?"
Kak Aysha: "sudah, boleh kok. Malah seneng tadi rame-rame kan Aldin & mbak Arcel ikut juga".
Bunda: "Sip. Bagus berarti, sudah ijin sama yang punya. Hmmm.. rame-rame manjat pohon kelengkeng, trus ngapain aja kak? Auo.. auo.. gitu? (Sambil tangannya kaya' Tarzan & ditutup senyum).
Kak Aysha: "Ya ga lah. Bunda tu aneh-aneh. Masa' ya kaya' monyet gitu. Cuma cerita-cerita aja tadi. Asik kan, panas-panas gitu di pohon, sejuuukkkkkk". Begitu jawabnya sambil tersenyum. Fiuhhh.. alhamdulillah, suasana hatinya mulai membaik nampaknya.
Setelahnya obrolan mengalir lancar, membahas desain interior restoran yang menurutnya tidak cocok (kak Aysha sangat berbakat dalam Hal padu padan), menu makanan di kebanyakan warung yang tidak sesuai namanya & sering meleset dari  yang dibayangkan pelanggan dll.

Setelah selesai makan, kak Aysha kembali cemberut, duhhh.. kenapa lagi ini, bunda jadi deg deg an.
Beberapa saat kemudian,
Kak Aysha: "Aku belum ngerjain PR".
Bunda: "Oh, it's Ok kakak, besok kan masih hari Minggu. Kakak masih punya waktu untuk mengerjakan. Nanti kakak tidur awal ya.. biar besok bunda bangunkan pagi badannya sudah fit & kakak bisa nyiapkan sekolahnya dengan baik".
Kak Aysha mengangguk & sudah tersenyum kembali.

Pagi ini kak Aysha benar-benar bangun dengan semangat. Setelah mandi & sarapan, tanpa harus saya ingatkan berulang kali, ia sudah menyiapkan jadwal sekolah untuk hari Senin & mulai mengerjakan PR. Alhamdulillah..

#hari3
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasi produktif
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional