Arsya nggelendot terus beberapa hari ini. Proses adaptasi barangkali. Fiuh.. sangat menguras emosi & mampu mengaduk-aduk hati sampai nangis. Saya nyaris tidak bisa melakukan hal lain selain menemaninya. Semua kegiatan dilakukan dengan tangan 1, karena tangan satu lagi untuk nggendong Arsya. Arsya ga mau digendong dengan kain/gendongan.

Arsya sangat sensitif terhadap suara, bising sedikit dia akan ketakutan/barangkali ekspresi ketidaknyamanan. Suara sliding door dibuka/ditutup saja dia akan merasa tidak aman. Rasa-rasanya untuk latihan kemandirian harus saya ubah temanya. Saya anggap "makan sendiri" sudah Lulus. Hari ini selain toilet training yg memang sudah saya jadwalkan, saya juga akan mulai melatihnya untuk merasa aman di lingkungan yang baru. Sounding & peluk sering-sering jadi andalan saya.

Hari ini saya mulai toilet training. Saya sounding terus, "Arsya, mulai hari ini Arsya tidak pakai popok lagi ya. Kalau terasa mau pipis/eek, bilang bunda ya..". Entah ngerti atau ga, tapi dia mengangguk sambil bilang "OK". Tapi hasilnya, pertama ia ngompol diatas dompet bunda (uangnya jadi bau pesing), kedua pipis dulu baru bilang "bunda, itu ada pipis", ketiga pas sama ayahnya "ayah, ini pipis ayah..". Fiuhhh.. kudu sabar.

Selepas Ashar tetiba dia mojok, tanda-tanda BAB biasanya. Saya bertanya "Arsya mau eek?". Jawabnya "Ga.. ga.. no no bunda..", tapi sambil ngeden. Saya langsung ajak dia ke WC, Arsya ga mau. Akhirnya saya gendong paksa. Arsya terus saja protes "kan Arsya dah cakap. Arsya ga eek. Apalah bunda ni", sambil mbrambangi. Padahal beneran eek. Saya lepas celananya dia protes "apalah bunda ni.. hiii jijik.", begitu katanya sambil nunjuk pup yg saya buang ke WC.

Drama terus berlanjut. Bunda mau mandi saja ga boleh, "bunda disini saja, temani Arsya..", begitu katanya. Duh Gusti.. mugi paring kesabaran. Hiks3x.. merasa stress berat hari ini. Sudah sore & belum masak, Arsya drama terus, padahal harus pergi ke rumah Pak RW & Pak dukuh juga. Fiuhhh..

Mudah-mudahan esok lebih baik.

#hari5

#tantangan10hari

#kemandirian

#gamelevel2

#kelasbundasayang

#institutibuprofesional