Kak Aysha mendapat tugas dari sekolah untuk membutsir. Dueng.. bunda roaming, membutsir itu apa ya? Kok pesen minta dibelikan sabun batangan & cutter. Googling nemu penjelasan kalau membutsir adalah teknik membentuk sebuah karya seni dari bahan lunak dengan menggunakan tangan maupun peralatan lainnya.

Kesempatan nih! Bunda bikin fampro dadakan dengan membutsir bersama. Tujuannya bunda ingin meningkatkan kecerdasan emosional kak Aysha.

Kak Aysha sebenarnya anak yang kreatif, tapi seringnya tidak percaya diri. Ketika menciptakan sesuatu, pasti banyak takutnya. Takut salah, takut jelek, takut ga sesuai yang diminta, dll. Selain takut, kak Aysha juga cukup meledak-ledak emosinya. Sebagai contoh ketika apa yang ia buat tidak sesuai kemauannya semula, atau dia ingin membuat sesuatu namun susah diwujudkan, pun ketika ia tak mampu mengkomunikasikan apa maunya pada partner mainnya saat itu. Karenanya saya pilih tema dadakan ini untuk fampro kali ini.

Sabun batangan sengaja saya sediakan beberapa. Semalam ayahnya juga sudah membelikannya scalpel sebagai alat membutsirnya. Cuzzz.. Mari membutsir.

Tapi ternyata bunda harus membagi perhatian untuk dek Arsya juga. Kak Aysha membutsir sendiri, dan benar saja.. Kak Aysha berulang kali uring-uringan karena merasa karyanya jelek.

Kak Aysha: jelek.. ini jelek banget. (Sambil gulung-gulung gedruk-gedruk kaki di lantai)

Bunda: Bagus kok, kan kakak sedang belajar membutsirnya. Bagus lho itu. Bunda belum tentu bisa bikin begitu.

Kak Aysha: Nanti nek diejek gimana?

Bunda: Senyumin aja, yang penting kan proses belajarnya. Kakak bikin sendiri itu keren lho.

Kak Aysha masih manyun sambil mengangguk.

Berulang kali masih uring-uringan lagi & bunda pun berulang kali harus mencoba membesarkan hatinya.

Barangkali dalam masa emas tumbuh kembangnya, kak Aysha kurang mendapatkan apresiasi & sering dibully. Jadi terbawa hingga kini, ia tak cukup percaya diri & sering rendah diri. Hal in masih jadi PR besar saya hingga kini.

Alhamdulillah, malam ini berakhir damai. Kak Aysha akhirnya bisa mengontrol emosinya & menerima hasil dari proses belajar membutsirnya.

#KelasBundaSayang

#GameLevel3

#FamilyProject

#MyFamilyMyTeam