Kamis kemarin, ada agenda field trip di sekolah kak Aysha. Pagi hari kak Aysha sudah siap & berangkat dengan penuh semangat. Kalau agenda tanpa buku pelajaran begini, memang kak Aysha akan sangat bersemangat.

Jam 7 pagi HP saya mulai cengklang-cengkling, banyak notifikasi masuk, puluhan foto-foto anak-anak dikirim di group oleh guru-guru. Dari ratusan foto yang masuk, kok kak Aysha ga nampak dimanapun ya? Bunda mulai khawatir, jangan-jangan kak Aysha ga enak badan.

Hingga menjelang dhuhur, foto-foto masih terus saja membanjiri group WA kelas 6. Namun Tak selembar pun yang nampak ada kak Aysha nya. Akhirnya bunda WA ke wali kelasnya, menanyakan apakah kak Aysha baik-baik saja. Tak berapa lama, wali kelasnya mengabarkan bahwa kak Aysha baik-baik saja & mengirimkan foto kak Aysha.

Kak Aysha nampak lelah & memaksakan senyum dalam foto tersebut, tapi setidaknya ia baik-baik saja.

Sampai di rumah sore harinya, kak Aysha langsung protes & marah ke bunda. Kenapa tadi "ndadak"/harus nyuruh foto. Rupa-rupanya gurunya mengatakan kalau bunda minta dikirimi foto.

Bunda pun menjelaskan ke kak Aysha, Tadi bunda khawatir. Kok kak Aysha ga kelihatan diantara teman-teman sekelas. Bunda kira kakak sama Ussy (sahabat kak Aysha yang kebetulan beda kelas). Tapi Ussy nampak dalam beberapa foto, kak Aysha kok ga ada juga. Karenanya bunda khawatir & bertanya ke wali kelas kak Aysha.

Kak Aysha mendengar penjelasan bunda, jadi melunak & memeluk bunda sambil berkata "makasih ya bun..". Saya lihat Ada binar dimatanya. Mungkin itu ekspresi bahagianya karena merasa diperhatikan. Hiks3x.. bunda jadi terharu.

Setelahnya ia bercerita penuh semangat tentang field trip nya. Ga mandeg-mandeg, aliran rasanya panjang kalau ditulis. Hehe..

Alhamdulillah dari cerita tersebut bunda jadi semakin tahu perkembangan kak Aysha. Bagi saya, kemajuannya dalam mengelola emosi sangat pesat. Meskipun masih Naik turun, tapi progressnya berjalan positif. Biasanya ia gampang lelah, & kalau sudah lelah ia takkan mau melakukan apapun. Tapi alhamdulillah malam ini damai-damai saja tanpa drama yang berarti.

Sholat ngaji lancar, mengerjakan PR Ok, bahkan senang sekali Saya karena dari 15 soal matematika yang diberikan gurunya kak Aysha berhasil mengerjakan sendiri dengan benar 12 soal. Sisanya baru saya bantu pancing-pancing Cara mengerjakannya.

Saya rasa kunci yang Saya temukan sudah benar adanya, biarkan hati kak Aysha dipenuhi kebahagiaan. Maka segala persoalan akan dapat diselesaikan. Meskipun saya sadar, membuatnya bahagia banyak kerikil yang harus disingkirkan. Bismillah..

#KelasBundaSayang

#InstituteIbuProfesional

#FamilyProject

#MyFamilyMyTeam