Indonesia Islamic Montessori Community

Bahasa, I Spy

Tujuan aktifitas bahasa adalah untuk memperkaya kosa kata anak-anak. Pada usia dini, anak masih sulit mengekspresikan diri & perasaannya. Oleh karena itu, ia memerlukan bantuan orang dewasa untuk memperkaya kosa katanya. Aktifitas bahasa dirancang oleh Montessori untuk menstimulasi pendengaran anak akan setiap bunyi huruf sebagai pondasi awal untuk persiapan membaca.

Sensorial, Mencocokkan Warna

Tujuan aktifitas sensorial adalah anak memperoleh informasi yang jelas terhadap lingkungannya. Anak akan mempelajari lingkungan dengan menggunakan inderanya. Aktifitas sensorial dirancang oleh Montessori untuk menstimulasi indera anak, seperti aktifitas yang berkaitan dengan ukuran, bentuk, tekstur, mencocokkan, berat, suhu, dll.

Practical Life, Aktifitas Memindahkan

Pekan ke-3 kelas IIMC adalah Practical Life, Aktifitas Memindahkan. Kali ini saya akan membagikan catatan ketika mempraktekkan aktifitas ini bersama Arsya. Sebelumnya saya perlu menjelaskan bahwa dalam mengikuti kelas IIMC ini, saya tidak selalu menggunakan bahan-bahan seperti yang diinstruksikan di kelas. Misalnya kemarin alas kerja, saya menggunakan kain seadanya. Dan kali ini saya juga hanya memanfaatkan apa yang ada di rumah, tidak memaksakan diri menggunakan bahan-bahan yang dicontohkan di kelas. Bukan masalah bagi saya, karena bagi saya yang penting adalah tujuan dari aktifitas yang dilakukan dapat tercapai. cool

Alas kerja

Materi kelas pekan pertama adalah mengenai filosofi Montessori. Selain dari materi yang diberikan, saya kepo sana-sini mengenai apa sih Montessori itu? Dan hasilnya bisa dilihat disini.

Pekan ke-2 adalah menyiapkan alas kerja. Barangkali akan ada banyak pertanyaan terkait alas kerja ini, misalnya "Apa sih yang ingin kita ajarkan?", "Kenapa harus memakai alas kerja?", "Tidakkah cukup disediakan ruang bermain saja?", "Alas kerjanya dari bahan apa?", dll.