Pekan ke-3 kelas IIMC adalah Practical Life, Aktifitas Memindahkan. Kali ini saya akan membagikan catatan ketika mempraktekkan aktifitas ini bersama Arsya. Sebelumnya saya perlu menjelaskan bahwa dalam mengikuti kelas IIMC ini, saya tidak selalu menggunakan bahan-bahan seperti yang diinstruksikan di kelas. Misalnya kemarin alas kerja, saya menggunakan kain seadanya. Dan kali ini saya juga hanya memanfaatkan apa yang ada di rumah, tidak memaksakan diri menggunakan bahan-bahan yang dicontohkan di kelas. Bukan masalah bagi saya, karena bagi saya yang penting adalah tujuan dari aktifitas yang dilakukan dapat tercapai. cool

Tujuan dari practical life adalah untuk membantu anak melatih koordinasi gerakan & melatih kemandirian. Selain itu, aktifitas ini juga dapat membantu pertumbuhan & perkembangan  kecerdasan, konsentrasi & cara berpikir yang teratur. Dalam mengaplikasikan aktifitas ini, penting untuk selalu mencontohkan untuk memulai dari kiri ke kanan. Kenapa demikian? Karena hal ini penting untuk menyiapkan anak agar terbiasa dalam aktifitas membaca & menulis nantinya. Penting juga untuk selalu mencontohkan dengan menggunakan tangan kanan, agar anak terbiasa mengerjakan segala sesuatu yang baik menggunakan tangan kanan. Meskipun pada prakteknya nanti tetap bebaskan anak menggunakan tangan mana yang lebih dominan. Arsya kebetulan menggunakan tangan kanan & kiri dengan sama baiknya, namun saya selalu mengarahkan agar ia menggunakan tangan kanan ketika makan minum.

Tujuan dari practical life adalah untuk membantu anak melatih koordinasi gerakan & melatih kemandirian.

Practical Life: Memindahkan dengan Genggaman Tangan

Material: nampan, 2 mangkok, makaroni warna-warni, potongan sedotan warna-warni, pasir.

Presentasi: Pindahkan material dari 1 mangkok ke mangkok lainnya dengan menggunakan tangan. Pada awalnya Arsya memindahkan segenggam demi segenggam, namun lama kelamaan dia lebih memilih langsung tuang dari 1 mangkok ke mangkok lainnya. It's OK, yang penting Arsya tetap bahagia. Saya tidak memaksanya harus sesuai instruksi.

Practical Life: Memindahkan dengan Sendok

Material: Nampan, 2 mangkok, beras, pasir, makaroni.

Presentasi: Pindahkan material dari 1 mangkok ke mangkok lainnya dengan menggunakan sendok. Arsya bisa melakukan aktifitas ini dengan cukup baik, sekitar 1 menit pertama, selanjutnya dia akan mulai meletakkan sendok dan lebih memilih langsung tuang antar mangkok.

Dalam pengamatan saya, Arsya tidak cukup menyukai aktifitas ini sehingga ia mudah bosan & teralihkan. Pekan ini dia lebih menyukai bermain puzzle, meskipun baru sebatas mengacaukan puzzle dari kotak, dan berkata "Ayuk susun.. main puzzle.. bunda bisa".