My blog

  • Membutsir

    Kak Aysha mendapat tugas dari sekolah untuk membutsir. Dueng.. bunda roaming, membutsir itu apa ya? Kok pesen minta dibelikan sabun batangan & cutter. Googling nemu penjelasan kalau membutsir adalah teknik membentuk sebuah karya seni dari bahan lunak dengan menggunakan tangan maupun peralatan lainnya.

  • Tantangan 10 Hari, Family Project day 2

    Hari ini kak Aysha libur sekolah, meskipun ada agenda try out UN yang diadakan oleh sebuah lembaga bimbingan belajar. Alhamdulillah pagi ini diawali dengan cukup baik, kak Aysha bisa bangun tanpa kebanyakan drama & sholat Subuh berjamaah. Kak Aysha masih kurang dalam hal kendali waktu, maka pagi ini bunda harus berulang kali mengingatkan bahwa jam 6 sudah harus mandi, sarapan & bersiap berangkat menuju lokasi try out. Alhamdulillah kak Aysha saat ini sudah cukup stabil emosinya, kalau biasanya ia akan marah-marah ketika diingatkan, kali ini ia bisa menerima. Meskipun terlihat enggan karena sedang asik bermain dengan kucing kami, namun akhirnya ia mampu melawan kemalasannya.

  • Tantangan game level 3 bunsay batch 4 "Family Project" hari ke-1

    Materi ke-3 kelas bunda sayang adalah pentingnya meningkatkan kecerdasan anak. Tantangan yang diberikan adalah melatih kecerdasan anak yang dikemas dalam bentuk family project. Duhhh.. mau ngapain ya? Begitulah kira-kira yang pertama kali muncul dalam benak saya.

  • Tantangan 10 Hari "Kemandirian", HARI 10

    3hari terakhir banyak acara keluar rumah, sehingga saya terpaksa memakaikan diapers ke Arsya. Meskipun demikian, alhamdulillah Arsya sudah tahu ketika ia mau pipis/eek. Dia mulai merasa risih & minta diapers segera diganti. Proses ya nduk ya.. ga ada yang instan, ujug-ujug bisa. Terlebih sejak lahir baru kali ini mulai lepas popok. Bunda cukup puas dengan kemajuanmu berproses.

    #hari10

    #tantangan10hari

    #gamelevel2

    #kemandirian

    #kelasbundasayang

    #institutibuprofesional

  • Tantangan 10 Hari "Kemandirian", HARI 9

    Hari ini toilet training terpaksa tidak saya lakukan karena saya berencana untuk menata baju-baju yang kemarin belum sempat dibongkar ketika pindahan. Pun saya harus menghadiri 2x pertemuan RT(RT lama & RT baru). Tapi alhamdulillah Arsya sudah menunjukkan kemajuan, ia bisa merasakan ketika akan pipis/eek. Dia sudah bisa mengatakannya & mau pipis serta eek di toilet. Alhamdulillah..

    #hari9

    #tantangan10hari

    #gamelevel2

    #kemandirian

    #kelasbundasayang

    #institutibuprofesional

  • Tantangan 10 Hari "Kemandirian", HARI 8

    Alhamdulillah hari ini Arsya menunjukkan kemajuan dalam proses toilet training. Arsya sudah bisa merasakan kalau ia akan pipis/eek, meskipun ia masih belum mau pipis/eek di toilet. Mudah-mudahan esok bisa lebih baik lagi.

    Sore ini Arsya makan sendiri, cukup banyak ia makan, porsi bakso untuk orang dewasa hampir habis. Alhamdulillah. 

  • Tantangan 10 Hari "Kemandirian", HARI 7

    Hari ini masih sama dengan hari sebelumnya. Arsya masih belum bilang ketika mau pipis/eek. Ia baru katakan setelah ia mengompol/selepas eek. Tak mengapa, sounding jalan terus. Mudah-mudahan esok akan lebih baik lagi. 

    Alhamdulillah saya merasa Arsya sudah merasa semakin aman & nyaman di rumah ini. Siang tadi ia bisa tidur dengan sangat nyenyak & cukup lama. Saya bisa nyambi ngerjakan pekerjaan rumah. Alhamdulillah

     

  • Tantangan 10 Hari "Kemandirian", HARI 6

    Bangun pagi ini, saya niatkan perhatian saya hari ini full untuk Arsya. Abaikan bila rumah berantakan, tak sempat ngurus cucian & tak sempat masak. Hari ini saya teman bermain Arsya sepenuhnya.

  • Tantangan 10 Hari "Kemandirian", HARI 5

    Arsya nggelendot terus beberapa hari ini. Proses adaptasi barangkali. Fiuh.. sangat menguras emosi & mampu mengaduk-aduk hati sampai nangis. Saya nyaris tidak bisa melakukan hal lain selain menemaninya. Semua kegiatan dilakukan dengan tangan 1, karena tangan satu lagi untuk nggendong Arsya. Arsya ga mau digendong dengan kain/gendongan.

  • Tantangan 10 Hari "Komunikasi Produktif", HARI 3

    Seharian kemarin kegiatan saya & suami adalah bersih-bersih rumah, sesekali sembari meladeni Arsya yang juga meminta jatah perhatian. Kak Aysha bermain dengan teman-temannya di kompleks, sesekali saya perhatikan ada adegan manjat pohon & lari-larian.

  • Tantangan 10 Hari "Komunikasi Produktif", HARI 2

    Jam dinding menunjukkan pukul 14.20, namun kak Aysh belum sampai di rumah. Selagi bertanya-tanya dalam hati, tiba-tiba HP berbunyi, budhe yang biasa membantu menjemput kak Aysh pulang sekolah, telp memberi kabar kalau kak Aysh mengerjakan pekerjaan kelompok di rumah kawannya yang bernama Ussy & minta dijemput jam 16.30. (Ussy adalah murid baru di sekolah kak Aysh, pindahan dari Kalimantan & sekarang jadi sahabatnya kak Aysh).

  • Tantangan 10 Hari "Komunikasi Produktif", HARI 1

    Pertama kali baca tugas, bingung karena sepertinya komunikasi dalam keluarga kami terasa sudah produktif. Mau dilatih bagaimana lagi? Tapi kemudian mencoba flashback, terharu kalau teringat bagaimana komunikasi dalam keluarga kami dahulu yang sangat jauh dari produktif.

  • Sekolahku Seluas Alam Semesta

    "Sekolahku seluas alam semesta", kira-kira demikian yang ingin saya tanamkan pada Arsya. Dengan demikian, ilmu yang akan dipelajarinya tidak akan berbatas tema, ruang & waktu. Maka sah-sah saja bagi saya, ketika pagi ini ia memilih duduk diatas tumpukan jerami di pinggir sawah sembari mengamati apa yang ada disekitarnya.

  • Bahasa, I Spy

    Tujuan aktifitas bahasa adalah untuk memperkaya kosa kata anak-anak. Pada usia dini, anak masih sulit mengekspresikan diri & perasaannya. Oleh karena itu, ia memerlukan bantuan orang dewasa untuk memperkaya kosa katanya. Aktifitas bahasa dirancang oleh Montessori untuk menstimulasi pendengaran anak akan setiap bunyi huruf sebagai pondasi awal untuk persiapan membaca.

  • Sensorial, Mencocokkan Warna

    Tujuan aktifitas sensorial adalah anak memperoleh informasi yang jelas terhadap lingkungannya. Anak akan mempelajari lingkungan dengan menggunakan inderanya. Aktifitas sensorial dirancang oleh Montessori untuk menstimulasi indera anak, seperti aktifitas yang berkaitan dengan ukuran, bentuk, tekstur, mencocokkan, berat, suhu, dll.

  • Practical Life, Aktifitas Memindahkan

    Pekan ke-3 kelas IIMC adalah Practical Life,Aktifitas Memindahkan. Kali ini saya akan membagikan catatan ketika mempraktekkan aktifitas ini bersama Arsya. Sebelumnya saya perlu menjelaskan bahwa dalam mengikuti kelas IIMC ini, saya tidak selalu menggunakan bahan-bahan seperti yang diinstruksikan di kelas. Misalnya kemarin alas kerja, saya menggunakan kain seadanya. Dan kali ini saya juga hanya memanfaatkan apa yang ada di rumah, tidak memaksakan diri menggunakan bahan-bahan yang dicontohkan di kelas. Bukan masalah bagi saya, karena bagi saya yang penting adalah tujuan dari aktifitas yang dilakukan dapat tercapai. cool

  • Sadranan Beach

    Hari ini Arundaya Family + om Abdan (adik bungsu saya) berkesempatan mengunjungi pantai Sadranan yang berlokasi di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Pantai ini merupakan pantai favourite keluarga kami. Adanya gunung batu atau pulau di pantai ini, berfungsi sebagai pemecah ombak alami sehingga ombak yang datang tidak terlalu besar. Pantai ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang bisa dinikmati melalui kegiatan snorkeling. Pasir putih & lingkungan pantai yang bersih selalu mampu membuat kami berlama-lama di pantai ini. Waktu tempuh menuju pantai Sadranan kira-kira 2jam dari tempat tinggal kami. Kami menggunakan Waze untuk memandu perjalanan kami kali ini, saya pelajari rute yang disarankan berbeda dengan rute yang biasa kami lalui. Kami putuskan untuk mengikuti petunjuk Waze. Tiket masuk kawasan pantai ini Rp 19.000,00 untuk 2 orang (menurut lembar tiket yang kami dapat), tapi pada saat kami melewati TPR hanya ditarik Rp 20.000,00, padahal bapaknya melihat ke dalam mobil, tim kami terdiri dari 3 dewasa & 3 anak-anak. Barangkali memang rejeki kami, alhamdulillah saja.. laughing

  • Alas kerja

    Materi kelas pekan pertama adalah mengenai filosofi Montessori. Selain dari materi yang diberikan, saya kepo sana-sini mengenai apa sih Montessori itu? Dan hasilnya bisa dilihat disini.

    Pekan ke-2 adalah menyiapkan alas kerja. Barangkali akan ada banyak pertanyaan terkait alas kerja ini, misalnya "Apa sih yang ingin kita ajarkan?", "Kenapa harus memakai alas kerja?", "Tidakkah cukup disediakan ruang bermain saja?", "Alas kerjanya dari bahan apa?", dll.

  • Montessori

    3th mendampingi kak Aysha yang bersekolah di sekolah formal, membuat saya tertarik dengan konsep homeschooling (meskipun saya juga belum benar-benar mengerti apa & bagaimana homeschooling itu). Kenapa demikian??? Hal tersebut dikarenakan saya melihat dampak negatif yang dialami kak Aysha.